Gagal menampilkan Gambar
13 November 2021, 18:00

Balita memiliki bayak pertumbuhan dan perkembangan yang harus diperhatikan juga oleh ayah dan bunda. Perlu juga diingat bahwa seseorang dikatakan balita adalah umur 1-5 tahun.

Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara bertahap, tak terkecuali dengan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan manusia dialami saat dalam kandungan hingga kelahiran. Pertumbuhan dan perkembangan manusia hadir seiring berjalannya kehidupan manusia.

Pertumbuhan manusia ditandai ketika manusia memiliki ukuran, berat dan tinggi badan yang bertambah. Sedangkan perkembangan manusia ditandai dengan perubahan menuju kedewasaan seperti berubahnya emosi, kematangan fisik, cara berbicara dan kemampuan berpikir kritis.

Nah, saat ini kita akan membahas apa saja pertumbuhan pada balita ?

Pertumbuhan balita adalah proses perubahan yang ditandai dengan bertambahnya ukuran fisik dan bentuk tubuh. Pertumbuhan balita dapat dinilai melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala. Normal tidaknya pengukuran ataupun laju pertumbuhan dapat diketahui melalui standar pengukuran yang tersedia.

Dibawah ini adalah pertumbuhan lengkap pada balita umur 1 – 5 tahun :

1. Pertumbuhan Usia 1 Tahun

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun, berat badannya sudah mencapai sekitar 3 kali dari berat badan lahirnya, sedangkan tinggi badannya sudah bertambah setengah dari panjangnya ketika lahir.

Untuk ukuran otak besarnya sekitar 60 persen dari ukuran otak dewasa. Setelah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dalam satu tahun, pertumbuhan di usia selanjutnya akan lebih lambat tetapi perkembangan yang terjadi akan lebih banyak.

2. Pertumbuhan Usia 2 Tahun

Mengutip dari CDC, penambahan berat badan anak berusia antara 12 hingga 24 bulan yaitu 1,5 hingga 2,5 kilogram. Sementara untuk pertambahan tinggi yang terjadi pada rentang usia tersebut adalah sekitar 10 sampai 13 cm.

3. Pertumbuhan Usia 3 Tahun

Masuk usia 3 tahun, penambahan berat badan anak sekitar 2 kilogram dan tinggi bertambah kira-kira 8 cm bila dibandingkan sebelumnya.

Tidak perlu khawatir kalau anak usia 3 tahun terlihat lebih kurus dan perut yang rata karena pertumbuhannya lebih banyak pada tinggi badan. Selain itu, anak yang berusia 3 tahun sudah memiliki gigi susu yang lengkap.

4. Pertumbuhan Usia 4 Tahun

Di usia 4 tahun, pertambahan tinggi anak sebanyak 8 cm dan kenaikan berat badan sekitar 2 kilogram.

Salah satu faktor pendukungnya adalah pemilihan susu penambah berat badan anak. Untuk mengetahui pertumbuhan fisik anak apakah normal atau tidak, sebaiknya Anda melihat tabel pertumbuhan atau growth chart.

5. Pertumbuhan Usia 5 Tahun

Anak yang berusia 5 tahun setidaknya memiliki penambahan tinggi sekitar 4 cm dan berat badan sebanyak 2 kilogram. Namun kenaikan berat badan ini relatif tergantung tumbuh kembang balita.

Menjaga kualitas gizi dan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak sangat penting untuk dilakukan. Nutrisi yang memadai dari makanan akan berperan sebagai sumber energi dan komponen pembentuk tulang dan ototnya untuk tumbuh.

Sementara itu, makanan yang bersih dapat menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit infeksi. Bila sering terjadi pada masa pertumbuhan, penyakit infeksi pada balita dapat menyebabkan gangguan pertumbuhkan, bahkan bisa sampai berdampak stunting.

Anak yang sehat akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang ideal. Jadi, pertumbuhan anak bisa menjadi tolak ukur kondisi kesehatan anak tersebut. Inilah mengapa setiap ibu perlu selalu mengawasi tahapan pertumbuhan anaknya.