Gagal menampilkan Gambar
09 November 2021, 18:00

Layanan lansia merupakan salah satu layanan yang dicari oleh masyarakat. Seorang klien MOI mengaku sangat membutuhkan layanan homecare lansia untuk menjaga dan merawat orangtuanya, selain karena faktor kesibukan pekerjaan, klien ini juga membutuhkan tenaga kesehatan yang dapat lebih paham dalam merawat kesehatan orangtuanya. Pekerja homecare yang dicari biasanya yang dapat merawat orangtuanya layaknya keluarga sendiri serta yang kompeten dalam menangani kesehatan lansia.

Lanjut usia (  Lansia ) adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun keatas. Adapun kategori lansia 45-59 tahun merupakan pra lansia, usia 60 – 69 tahun merupakan lansia muda, usia 70-79 tahun merupakan lansia madya, dan 80-89 tahun merupakan  lansia tua.

Perawat lansia adalah seseorang yang mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan dan bertugas memberikan tindakan keperawatan, pendampingan dan pengasuhan kepada orang tua (lansia), baik di rumah, panti jompo atau di fasilitas kesehatan.

Nah, sebagai perawat   layanan apa saja yang harus diberikan Kelansia :

1. Memberikan Asuhan Keperawatan

Perawat lansia wajib memberikan asuhan keperawatan sebaik mungkin kepada semua pasien tanpa memandang latar belakang, suku, agama, ras, golongan atau ekonomi.

2. Memaksimalkan kesehatan pasien lansia

Membantu meningkatkan kesehatan lansia dan mengedukasi keluarga terkait cara merawat serta tindakan medik saat darurat.

3. Meningkatkan Kesehatan Pasien

Kewajiban menjadi perawat lansia ialah membantu mengoptimalkan kesehatan pasien dengan tepat. Tidak hanya fokus pada kesehatan pasiennya saja, tapi juga harus memberikan edukasi kesehatan lansia yang tepat pada seliruh anggota keluarganya. Edukasi tersebut berupa tindakan medis yang tepat ketika pasien sedang berada di saat darurat.

4. Menjaga Lansia Tetap Aktif

Sebagai perawat lansia mereka harus bisa membantu lansia untuk tetap memaksimalkan kegiatan di hari tuanya. Dengan memberikan bantuan dalam menjaga lansia tetap beraktivitas, tentu saja membuat pasien akan merasa senang dan tidak bosan dengan kehidupannya yang tidak seperti dulu lagi.

5. Mengontrol Makanan Dan Obat Pasien Lansia

Perawat lansia memastikan lansia mengonsumsi makanan diet yang seimbang & menyiapkan obat yang jarus dikonsumsi setiap harinya sesuai dengan rekomendasi dokter dan berdasarkan jenis penyakit yang diderita.

6. Membantu Kebersihan Pasien Lansia

Perawat lansia melakukan tanggung jawab kebersihan dan mendampingi aktivitas sehari-hari lansia, seperti memandikan, keramas, mengajak keluar lansia untuk jalan-jalan sekitar rumah, mendatangi suatu acara tertentu dan lainnya.

Aktivitas kebersihan yang biasanya perlu didampingi yaitu memandikannya, memeberikan keramas secara rutin, memasang popok atau pempers dan membersihkan ruangan pasien.

7. Mengontrol Kesehatan Pasien Lansia

Menjadi seorang lansia tentu sudah memiliki kondisi kesehatan yang perlu dikontrol setiap saat. Ketika ada hal-hal yang berbeda dan kurang lazim pada kesehatannya tentu harus segera di bawa ke doter untuk diperiksa lebih lanjut.

Karena itu, perawat lansia juga perlu membantu dalam mengontrol kesehatannya. Seperti melakukan pemeriksaan tanda vital, misal tensi, suhu tubuh, tekanan darah, perawatan luka atau kondisi lainnya.

8. Memotivasi dan Memberi Perhatian Pada Pasien Lansia

Terkadang lansia berpikir hal yang negatif, sehingga mempengaruhi kondisi mental mereka. Tentu saja kalau dibiarkan terus menerus kondisi pasien akan semakin memburuk. Untuk itu, suster lansia agar memberi perhatian penuh untuk  meningkatkan kesembuhan pada pasien.  

9. Berkomunikasi Dengan Pasien

Orangtua dengan usia lanjut juga butuh seorang teman berbicara ketika mereka sendirian di rumah. Ini termasuk tugas penting perawat lansia untuk mengajak berbicara ke pasiennya.

Dengan berkomunikasi perawat bisa mengetahui keluh kesah yang sedang dialami pasien. dengan begitu, pasien tidak akan merasa stress atau depresi.

Nah, itulah beberapa kewajiban penting perawat lansia yang harus diberikan kepada pasien lansia.